materi perkuliahan STAIBN tegal

Saturday, December 17, 2011

DIALOG (pengertian)



DIALOG
Menurut bahasa dialog berarti bercakap-cakap, bersoal jawab langsung antara dua manusia atau lebih. Sedangkan DIALOGIS berarti dialog yang dilakukan secara terbuka dan komunikatif.
Dalam pengertian PRAKTIS didefinisikan :
Suatu usaha menjelajahi masalah-masalah krusial secara kritis, evaluatif, dan sejauh mungkin mencarikan konsep-konsep pemecahannya baik bersifat teori maupunpraktikal.
Dalam berdialog sangat dibutuhkan semangat saling menghormati bukan saling menaklukan. Apalagi dalam dialog ANTARAGAMA.
MANFAAT/pentingnya Dialog :
1.    Saling mengenal dan menimba pengetahuan baru tentang agama dan sebagainya dari mitra dialog.
2.  Memperkaya wawasan kedua belah pihak dalam rangka mencari persamaan-persamaan yang dapat dijadikan landasan hidup rukun dalam bermasyarakat.
TUJUAN Dialog :
Membicarakan dan mencari pemecahan masalah-masalah umat (beragama) dan bangsa.
Keberhasilan DIALOG DITENTUKAN OLEH :
1.  Agar dialog dapat efektif dan konstuktif, harus diperhatikan para pelaku dialog, sebab yang melakukan dialog antar agama adalah para penganut antar agama bukan AGAMA. Pelaku dialog dibentuk oleh :
a.   Konteks sosial
b.   Budaya
c.    Latar belakang intelektual
d.   Kistoris
e.    Psikologis
2.    Semangat saling menghormati bukan saling menaklukan. Periksa Al-Quran Surat ke 11 Ayat 118, dan Surat ke 4 Ayat 35
Kalimat “syiqoh dan khilaf (ihtilaf)”.
3.   Pelaku dialog mampu meninggalkan/menanggalkan pandangan eksklusifisme pada saat mencari titik temu dengan mitra dialognya.
Ini bukan berarti pelaku dialog harus meninggalkan/mengorbankan keyakinan dan kebenaran agamanya, dia hanya dituntut untuk menghormati keyakinan mitra dialognya.
Pada tahun 1965 Paus Paulus VI menyatakan bahwa DIALOG adalah kebutuhan masa kini, ia adalah keharusan yang dituntut masyarakat pluralis dunia. Ini menunjukan semangat keterbukaan dan saling menghormati (Deklarasi Vatikan II tahun 1965). Dengan dialog ANTARAGAMA marilah kita HILANGKAN/lenyapkan TANTANGAN umat beragama dipersada tanah air yang kita cintai :
1.       Membudayakan sikap keterbukaan
2.       Menerima perbedaan
3.       Menghormati kemajemukan agama
4.       Tentunya harus dibarengi “loyalitas dan komitmen terhadap agama masing-masing”.

No comments:

Post a Comment

sisipkan Alamat email anda: